Senin, 01 Januari 2018

PANDANGAN HIDUP

Nama   : Niken Mileniency
Kelas   : 1 EA 20
NPM   : 14217500

PANDANGAN HIDUP

            Hai guys, pada tulisan kali ini saya akan mengulik tentang pandangan hidup (berbeda dengan pandangan pertama) :-D .Mendengar kata “pandangan hidup” memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun, tidak sedikit orang yang kurang memahami atau terkecoh tentang arti pandangan hidup itu sendiri. Padahal, pandangan hidup seseorang akan menentukan hidup orang lain.
            Penjelasanya, pandangan hidup bersifat kodrati yang berarti pedoman, tonggak, dan penentu arah hidup seseorang. Pandangan hidup bukanlah hal yang fiktif dan secara tidak sengaja terlintas di otak, namun diperlukan waktu yang panjang, pemikiran yang matang dan berulang-ulang yang menjadi rutinitas serta pemikiran yang rasional agar menjadi kenyataan. Buah dari pemikiran itulah yang disebut pandangan hidup.
Pandangan hidup menurut para ahli :
1.      Thomas Hobbes
Pandangan hidup adalah segala cara untuk melindungi kekuasaan pemerintahan agar dapat bertahan mengatur rakyatnya.
2.      Decrates
Pandangan hidup adalah intisari dari pemikiran manusia.
3.      Francis Bacon
Pandangan hidup adalah semua gabungan pemikiran dan panduan yang mendasari suatu konsep.
4.      Sastrapratedja
Pandangan hidup adalah kumpulan ide, pemikiran dan gagasan yang berorientasi pada tindakan yang terstruktur dan terorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.
5.      Dr. Hafidh Shaleh
Pandangan hidup adalah buah dari pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional, yang meliputi aqidah dan solusi atas seluruh kehidupan problem kehidupan manusia. Selain itu, pemikiran tersebut harus mempunyai metode, yang meliputi metode mempertahankan dan metode menyebarkannya ke seluruh dunia untuk menjabarkan ide dan jalan keluarnya.

Pandangan hidup dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam :
·         Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
·         Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan budaya dan norma yang ada pada tiap-tiap negara
·         Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

            Jadi menurut saya, pandangan hidup adalah cara pandang mengenai arah hidup dan cara untuk mencapai tujuan yang akan menentukan masa depan seseorang atau dimasa yang akan datang atau cara pandang tiap individu terhadap kehidupan, yang membedakan seseorang dengan orang lain.

UNSUR-UNSUR PANDANGAN HIDUP
Ø  Cita-cita
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cita-cita adalah suatu keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran, baik keinginan, harapan dan tujuan merupakan apa yang ingin diperoleh dimasa yang akan datang. Cita-cita yang belum tercapai disebut angan-angan. Faktor seseorang dapat mencapai cita-cita tersebut dengan 3 faktor. Pertama, setiap orang yang memiliki cita-cita, kedua, kondisi yang dihadapi selama meraih apa yang dicita-citakan, ketiga, seberapa besar motivasi atau cita-cita yang akan diraih.

Ø  Kebaikan
Perbuatan yang mendapatkan kebaikan pada hakikatnya sama dengan perbuatan moral. Ada 3 faktor yang mendasari kebaikan yaitu pembawaan (heriditas), lingkungan (environment), dan pengalaman (experience). Sebagai makhluk berakal, manusia bisa membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk. Berbuat baik bisa dilakukan dengan hal-hal kecil seperti memakai pakaian yang sopan, bertutur kata sopan, berbahasa baik dan ramah tamah kepada sesama manusia. Perbedaan karakter antar manusia adalah hal biasa. Namun, kita harus tetap berbuat baik dan mengesampingkan perbedaan.

Ø  Usaha/perjuangan
Kerja keras untuk mencapai cita-cita disertai dengan determinasi yang tinggi akan mempermudah seseorang untuk meraih cita-cita. Namun, kerja keras tetap dibatasi pada kemampuan manusia. Karena itu manusia tidak boleh malas-malasan dan harus tetap bekerja keras.

Ø  Keyakinan/kepercayaan
Pandangan dasar yang berkaitan dengan percaya kepada Tuhan. Menurut Dr. Harun Nasution ada 3 aliran filsafat yaitu aliran naturalisme, aliran intelektualisme, dan aliran gabungan.

Itulah ulasan mengenai pandangan hidup, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi kita.

Sumber pendapat ahli

http://www.pakmono.com/2015/03/pengertian-pandangan-hidup-menurut-para-ahli.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar