Senin, 01 Januari 2018

HARAPAN

Nama   : Niken Mileniency
Kelas   : 1 EA 20
NPM   : 14217500

HARAPAN

            Hai guys, pada kali ini saya akan mengulas tentang harapan atau ekspektasi, masih berkaitan dengan tugas kuliah saya sebelumnya. Bicara soal harapan, pada dasarnya setiap manusia punya harapan dan memang sudah menjadi dorongan kodratnya, yang pasti harapan seorang manusia dengan manusia lainnya berbeda namun merujuk kepada harapan yang positif. Kata “harapan” berasal dari kata “harap” yang berarti menginginkan sesuatu dan hasil yang baik dimasa sekarang atau dimasa yang akan datang atau proses berpikir positif secara sistematis.
Pengertian harapan menurut para ahli :
1.      Sutisna
Ekspektasi adalah suatu keyakinan atau kepercayaan individual mengenai hal-hal apa saja yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.
2.      Boeree
Ekspektasi adalah harapan kesenangan yang tidak konstan, yang timbul dari gagasan tentang sesuatu hal dimasa depan
3.      Fleming & Levie
Ekspektasi adalah segenap keinginan, harapan, dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku serta tindakan yang nyata.

Contoh harapan
·         Seorang siswa yang ingin mengikuti ujian nasional mempunyai harapan akan mendapat hasil yang bagus
·         Seorang ibu memiliki harapan anaknya menjadi orang yang sukses, berbakti kepada agama, orang tua, bangsa dan negara

            Jadi tidak ada salahnya jika seorang manusia punya ambisi atau harapan besar, namun harus disertai dengan kemampuan, usaha yang gigih dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena di dalam usaha dan doa, terdapat peluang untuk tercapainya harapan. Biasanya harapan bukan berupa objek, tetapi kehidupan yang lebih bermakna dan hidup yang lebih menyenangkan. Harapan bersifat paradoks. Harapan bukanlah menunggu secara pasif bukan juga pemaksaan yang tidak bisa dilakukan. Tidak ada kesadaran dalam berharap terhadap apa yang telah kita punya atau apa yang tidak mungkin ada. Orang yang mempunyai harapan atau asa biasanya kurang berminat terhadap kenikmatan atau kejahatan, orang yang mempunyai harapan memandang dan sangat menghargai semua tanda kehidupan baru dan selalu menciptakan apa yang belum tercipta.

            Banyak orang yang secara sadar penuh berharap tetapi jika harapannya tidak terpenuhi, maka seseorang tersebut akan putus asa, kehilangan gairah untuk meneruskan hidup dan “stuck” disuatu moment, padahal dalam hidup ini, ada kalanya setiap manusia mengalami kegagalan dan tidak setiap alur kehidupan akan berjalan sesuai harapan kita, tetapi jika sesuatu tidak sesuai dengan harapan kita, maka kita bisa belajar dari kesalahan sebelumnya, dari situlah kita bisa membuat harapan baru dan mencoba sampai harapan itu bisa jadi kenyataan. Jika harapan kita tercapai setelah kita mengalami berbagai macam kegagalan, maka pelajaran yang bisa kita petik adalah kita akan lebih menghargai arti perjuangan dalam hidup, menghargai apa yang kita punya, jangan pernah kehilangan semangat hidup, yang lebih penting jangan pernah lelah untuk mencoba sesuatu yang baru.

            Jadi menurut saya,  harapan adalah suatu keinginan, rasa ingin mendapatkan atau memiliki beberapa hal serta diperlukan usaha dan doa untuk meraihnya dengan tujuan berguna di masa yang akan datang.

            Berikut adalah kilasan tentang harapan, saran saya kepada para pembaca, seharusnya kita lebih giat berusaha dan mencoba dalam segala hal, karena didalam mencoba terdapat peluang keberhasilan yang mengatarkan kita menuju kesuksesan dan mendekatkan kita kepada harapan, jangan pernah menyerah, karena terlalu banyak perjuangan yang telah kita lalui dan tidak mudah untuk bertahan sampai saat ini serta tidak ada harapan yang terlalu tinggi untuk diraih jika kita mau berusaha. Semoga bermanfaat yaa guys.

Sumber pendapat ahli

http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-ekspektasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar