Senin, 01 Januari 2018

TANGGUNG JAWAB

Nama   : Niken Mileniency
Kelas   : 1 EA 20
NPM   : 14217500

TANGGUNG JAWAB

            Hai guys, pada kali ini saya akan mengulas tentang tanggung jawab, masih berkaitan dengan tugas kuliah saya sebelumnya. Pada dasarnya, setiap manusia mempunyai tanggung jawabnya masing-masing terhadap hak dan kewajibannya, termasuk menanggung segala sesuatu yang menyebabkan akibat. Rasa tanggung jawab ada karena kesadaran diri dan sifatnya kodrati.
Tanggung jawab menurut para ahli :
1.      Sugeng Istanto
Pertanggungjawaban adalah suatu bentuk konsekuensi yang mesti dilakukan untuk membayar sebuah kesalahan.
2.      Abdullah
Tanggung jawab adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan suatu kewajiban karena adanya dorongan didalam dirinya, biasanya disebut juga dengan panggilan jiwa.
3.      Magdalena
Bertanggung jawab adalah suatu perbuatan untuk siap menanggung segala sesuatu hal yang muncul sebagai akibat dari dilakukannya suatu aktifitas tertentu.
4.      Agus
Bertanggung jawab adalah suatu bentuk sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan alam, lingkungan sosial budaya, negara dan Tuhan.
5.      Kamus Besar Bahasa Indonesia
Tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Kewajiban terbagi menjadi 2 yaitu :
·         Kewajiban terbatas
Kewajiban yang terikat oleh peraturan, hokum adat dan norma lainnya.
·         Kewajiban tak terbatas
Kewajiban yang berdasar dari hati nurani seperti keadilan dan kebaikan.
Jika manusia mampu menjalankan kewajiban tanpa adanya tekanan atau terikat peraturan, maka manusia akan tenang dan ikhlas menjalankan kewajiban tersebut. Manusia hakikatnya sebagai mahluk Tuhan yang memiliki akal pasti memiliki tanggung jawab.

Contoh sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari :
·         Di lingkungan rumah
a. seorang ayah harus bertanggung jawab menafkahi keluarga
b. seorang ibu harus menjalankan kewajibannya untuk mengerjakan tugas rumah tangga
c. seorang anak harus mematuhi perintah kedua orang tua dan menghormatinya

·         Di lingkungan sekolah
a. seorang siswa wajib menghormati guru
b. seorang siswa harus mengerjakan tugas yang diberi oleh guru
c. seorang guru harus memberi ilmu kepada siswa dan membimbingnya dengan sabar dan sungguh-sungguh

·         Di lingkungan masyarakat
a. menghormati hak dan kewajiban warga lain
b. setiap keluarga wajib membayar pajak
c. setiap anggota warga hendaknya melaksanakan kerja bakti, selain untuk membersihkan lingkungan, kerja bakti juga merupakan ajang untuk silaturahmi warga dan mempererat ikatan kekeluargaan.

            Menurut saya, tanggung jawab adalah suatu kewajiban yang harus diemban setiap manusia disetiap keputusan (perjalanan hidup) dan siap menanggung segala resiko yang sudah menjadi pilihan. Contohnya tanggung jawab manusia kepada tuhan, tanggung jawab manusia kepada alam dan tanggung jawab lainnya.

             Pendidikan merupakan landasan moral yang penting untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, oleh karena itu, sebaiknya setiap orang tua menumbuhkan perilaku bertanggung jawab kepada anak sejak dini di lingkungan rumah, bisa dilakukan dengan hal kecil seperti memberi kepercayaan kepada anak, dengan begitu anak bisa bebas berekspresi dan mengajarkan anak untuk mengambil keputusan agar anak bisa mengetahui dampak baik dan buruk dari keputusan yang diambil. Sedangkan di lingkungan sekolah, peran guru akan menentukan kepribadian murid, guru berperan serta dalam membangun karakter pada tiap-tiap murid, tujuannya agar anak menjadi mandiri dan bisa menanamkan disiplin secara tidak langsung. Memikul tanggung jawab memang tidak mudah bagi setiap individu, maka mulailah melatih diri untuk bertanggung jawab dari hal kecil, seperti disiplin dengan waktu yang kita punya.
Berikut adalah beberapa ulasan tentang tanggung jawab, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber pendapat ahli

http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-tanggungjawab-definisi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar